Selasa, 06 November 2012

Danau Laut Tawar di Kabupaten Aceh Tengah

Danau Laut Tawar di Takengon merupakan salah satu danau yang cukup terkenal. Danau ini terletak di sebelah timur kota Takengon, dataran tinggi Gayo, Kecamatan Lut Tawar, provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Danau laut tawar ini menjadi danau terluas di provinsi Aceh, yakni dengan luas sekitar 5.472 Ha, panjang sekitar 17 km, dan lebar 5,5 km.
Suku yang mendiami wilayah sekitar danau ini sebagian besar (sekitar 99%) adalah suku Gayo, sekitar 1%-nya lagi adalah suku Aceh, Padang, Jawa, Cina, dan Melayu.
Takengon adalah nama ibukota di kabupaten Aceh Tengah. Mungkin belum banyak yang mengetahui tentang keindahan danau ini. Padahal potensi alam (pemandangan yang indah) di sekitar danau ini sangat menarik. Danau Laut Tawar ini sudah cukup lama menjadi icon Takengon, di samping komoditas kopinya yang terkenal. Danau ini terletak tidak jauh dari kota Takengon. Hanya sekitar 300 meter dari jantung kota.
Permukaan air di danau ini sangat tenang, sehingga dapat memantulkan bayangan yang ada di atasnya, seperti layaknya sebuah cermin datar raksasa. Danau ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit, menambah keelokan panorama di sekitarnya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar